Kamis, 27 Desember 2018

Banjir Merendam Sekolah-sekolah di Jakarta



Setiap tahun wilayah Jakarta selalu langganan permasalahan yang tiada henti-hentinya. Permasalahan yang satu ini sulit menemui titik keluar karena juga berasal dari alam, yaitu banjir yang disebabkan hujan lebat ketika musim hujan tiba. Sepertinya warga Jakarta sudah memaklumi akan hal ini. Banyak akibat yang ditimbulkan dari bencana banjir, mulai dari berbagai macam penyakit, keadaan sosial, ekonomi, dan yang terakhir fasilitas. Salah satu yang ingin saya angkat disini adalah dari segi fasilitas yaitu banyaknya sekolah-sekolah yang terendam akibat bencana banjir, dan bagaimana sih cara kita menanggapi dan memberi solusi nya?
Menurut sebagian orang, pendidikan adalah hal wajib yang harus dipelajari setiap manusia. Karena pendidikan yang mengajarkan ilmu kepada diri sendiri dan juga orang lain serta moral yang terutama. Sekolah adalah salah satu jalan menuju pendidikan yang layak di dapatkan. Apabila ketika bencana banjir merendam sekolah-sekolah, bayangkan berapa banyak fasilitas sekolah yang rusak. Lalu murid-murid sekolah pun tidak bisa belajar di kelas selama beberapa waktu. Setelahnya, siapa yang akan bertanggung jawab akan hal ini?
Bencana banjir tidak saja hanya pemerintah yang melulu disalahkan. Tetapi juga dari kesadaran diri kita sendiri, dengan tidak membuang sampah sembarangan terutama ke bantaran kali atau selokan, tidak membangun bangunan di tempat yang dilarang, dan tetap menjaga kebersihan lingkungan. Namun, pemerintah juga harus menyiapkan solusi lain untuk mengatasi masalah ini supaya ke depan nya Jakarta bebas dari kata banjir setiap tahunnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar