Jumat, 28 September 2018

Profil Perusahaan Penerbit



Profil PT.Yudhistira
Perusahaan penerbitan yang merupakan bagian dari Ghalia Indonesia Group ini, bernama resmi PT Yudhistira Ghalia Indonesia, didirikan tahun 1971 di Jakarta. Pada mulanya memakai merek Ghalia Indonesia, dengan menerbitkan sebagian besar buku-buku hukum, perundang-undangan, sosial, politik, dan ekonomi di Indonesia. Mulai menerbitkan dan mencetak buku sekolah  tahun 1978, memakai merek Yudhistira. Sampai saat ini, setelah berusia lebih dari 45 tahun, penerbitan ini tetap setia melayani kebutuhan bahan ajar bagi siswa dan pendidik di tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK, serta untuk buku-buku teks perguruan tinggi, yang masih tetap memakai merek Ghalia Indonesia.
Yudhistira selalu berusaha memenuhi kebutuhan penyelenggara pendidikan di Indonesia dengan buku-buku bermutu, bagi kebutuhan pendidik maupun peserta pendidik. Tempaan dan pengalaman perjalanan puluhan tahun memberikan pelajaran yang berharga bagi kehidupan. Hal itu pula yang dialami Yudhistira selama ini dalam melayani dunia pendidikan. Penyempurnaan isi dan penyajian buku selalu kami lakukan. Konten dan penyajian yang bernuansa kekinian selalu kami suguhkan dalam buku-buku kami, karena kami mengerti bahwa pendidikan harus selalu berorientasi ke masa depan.
Dengan bangga kami persembahkan bahwa Yudhistira adalah Dunianya Buku Sekolah di Indonesia, karena kami merekonstruksi dan meramu buku-buku sekolah berdasarkan kurikulum terbaru, bersama-sama dengan penulis-penulis berkualifikasi tinggi dan editorial berpengalaman.
Untuk menjangkau lebih jauh dan memberikan layanan yang prima bagi pelanggan, saat ini Yudhistira memiliki kantor cabang dan perwakilan di hampir semua kota besar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara. Produk-produk buku berkualitas Yudhistira didukung oleh percetakan modern PT Ghalia Indonesia Printing.
Visi Perusahaan:
Mendarmabaktikan diri pada dunia perbukuan untuk berperan serta mencerdaskan kehidupan bangsa guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.
Misi Perusahaan:
1. Menciptakan buku bermutu untuk memenuhi sarana pendidikan bangsa.
2. Memenuhi kebutuhan pelanggan dengan memberikan pelayanan terbaik melalui jaringan distribusi yang kuat dan luas.
3. Menumbuhkan perusahaan yang sehat secara berkesinambungan dari tahun ke tahun.

Isi dari Model 5M perusahaan penerbitan tersebut adalah:
  1. Man (Manusia), merujuk pada manusia sebagai tenaga kerja yaitu para karyawan serta staff yang tergabung di dalamnya.
  2. Machines (Mesin), merujuk pada mesin sebagai fasilitas/alat penunjang kegiatan perusahaan baik operasional maupun nonoprasional. Seperti mesin yang digunakan untuk mencetak cover dan kertas buku.
  3. Money (Uang/Modal),merujuk pada uang sebagai modal untuk pembiayaan seluruh kegiatan perusahaan.
  4. Method (Metode/Prosedur), merujuk pada metode/prosedur sebagai panduan pelaksanaan kegiatan perusahaan. Yang memiliki  arti bagaimana perusahaan tersebut menyusun peraturan perusahaannya masing-masing sebagai metode untuk memajukan perusahaan.
  5. Materials (Bahan baku), merujuk pada bahan baku sebagai unsur utama untuk diolah sampai menjadi produk akhir untuk diserahkan pada konsumen. Contoh bahan baku langsung perusahaan penerbitan : kertas dan tinta. Bahan bangku tidak langsung : lem, alat press cetak, pelumas, paku, cat, dsb.
Sumber :
(http://www.sumberpengertian.co/pengertian-5-m-dalam-manajemen-lengkap)
(http://www.materiakuntansi.com/contoh-bahan-baku-langsung-dan-tidak-langsung/)

Profil Gramedia :
Gramedia Pustaka Utama adalah penerbit buku terbesar di Indonesia. Berdiri sejak 1974, Gramedia Pustaka Utama telah menerbitkan lebih dari 30 ribu judul buku, dan banyak di antaranya sukses menjadi bestseller. Buku-buku terbitan Gramedia Pustaka Utama juga banyak diterbitkan oleh penerbit luar negeri, khususnya di wilayah ASEAN. Saat ini, dengan jalinan kerja sama dengan lebih dari 200 penerbit asing terkemuka dari AS, Belanda, Jerman, Belgia, Brasil, Denmark, Hong Kong, India, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada Malaysia, dan Swiss, Gramedia Pustaka Utama berhasil mengukuhkan posisinya sebagai salah satu penerbit buku terbaik di Indonesia. (https://www.kompasiana.com/bukugpu)
Gramedia Asri Media adalah anak perusahaan Kompas Gramedia yang menyediakan jaringan toko buku dengan nama Toko Buku Gramedia di beberapa kota di Indonesia dan Malaysia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 2 Februari 1970 dengan diawali dari satu toko buku kecil berukuran 25m² di daerah Jakarta Barat dan sampai tahun 2002 telah berkembang menjadi lebih dari 50 toko yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain menyediakan buku, Toko Buku Gramedia menyediakan berbagai produk lain seperti alat tulis, perlengkapan kantor, alat olahraga, alat musik, dll.
Perusahaan ini bekerja sama dengan penerbit-penerbit buku baik dalam maupun luar negeri. Dari kelompok usahanya sendiri, pemasok ke Toko Buku Gramedia antara lain adalah Gramedia Pustaka Utama, Elex Media Komputindo, Gramedia Widya Sarana, Bhuana Ilmu Populer, dan Gramedia Majalah, sementara dari luar negeri misalnya Prentice Hall, McGraw Hill, Addison Wesley, dll.

 


Logo Gramedia hingga 2015 Pada 9 Mei 2015 Gramedia meluncurkan konsep dan logo baru, konsep baru ini mengusung New Experience, yaitu konsep toko buku Gramedia yang dibagi dalam ruang atau chamber berdasarkan tema yang beragam. Konsep ini diterapkan pertama kali di Toko Buku Gramedia Central Park. Sedangkan untuk logo barunya, merupakan logotype dengan huruf "G" dan tulisan GRAMEDIA yang memiliki makna kreativitas, fleskibilitas, kemajuan, perubahan, dan kekuatan untuk memberikan ide dan insipirasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.
Sumber : ( https://id.wikipedia.org/wiki/Gramedia_(toko_buku) )
Isi dari Model 5M perusahaan penerbitan tersebut adalah:
            1.    Man (Manusia), merujuk pada manusia sebagai tenaga kerja yaitu para karyawan serta staff yang tergabung di dalamnya.
2          2 .  Machines (Mesin), merujuk pada mesin sebagai fasilitas/alat penunjang kegiatan perusahaan baik operasional maupun nonoprasional. Seperti mesin yang digunakan untuk mencetak cover dan kertas buku.
  1. Money (Uang/Modal),merujuk pada uang sebagai modal untuk pembiayaan seluruh kegiatan perusahaan.
  2. Method (Metode/Prosedur), merujuk pada metode/prosedur sebagai panduan pelaksanaan kegiatan perusahaan. Yang memiliki  arti bagaimana perusahaan tersebut menyusun peraturan perusahaannya masing-masing sebagai metode untuk memajukan perusahaan.
  3. Materials (Bahan baku), merujuk pada bahan baku sebagai unsur utama untuk diolah sampai menjadi produk akhir untuk diserahkan pada konsumen. Contoh bahan baku langsung perusahaan penerbitan : kertas dan tinta. Bahan bangku tidak langsung : lem, alat press cetak, pelumas, paku, cat, dsb.
Sumber :
(http://www.sumberpengertian.co/pengertian-5-m-dalam-manajemen-lengkap)
(http://www.materiakuntansi.com/contoh-bahan-baku-langsung-dan-tidak-langsung/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar